Selasa, 18 Maret 2014

macam delta di indonesia



*      Delta indonesia
Kawasan delta di Indonesia banyak mengalami perubahan peruntukan dan penurunan kualitas lingkungan. Sebab selama ini pembangunan kawasan delta belum mengacu pada informasi geospasial dasar (IGD) atau data keruangan dasar yang dibuat oleh Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal).Wilayah delta secara morfodinamik terbentuk dari proses interaksi antara sungai dan laut. Wilayah ini terbentuk akibat sedimentasi. Biasanya wilayah ini pun tergolong subur, sumber daya melimpah dan memiliki ekosistem yang unik.Banyak kota besar di dunia yang terletak di wilayah Delta seperti Jakarta, San Francisco, Ho Chi Minh, Rotterdam, Kairo dan Kalkuta. Sedangkan Indonesia menjadi negara yang paling banyak memiliki delta yang menjelma menjadi kota besar seperti Jakarta, Jambi, Palembang, Semarang, Surabaya, Balikpapan dan Marauke.
 Daftar Nama Delta di Indonesia. Delta adalah bentuk daratan yang terbentuk di mulut sebuah sungai di mana sungai yang mengalir ke samudra, laut, muara, danau, waduk, daerah gersang, atau sungai. Delta terbentuk dari pengendapan sedimen yang dibawa oleh sungai sebagai aliran yang berasal dari muara sungai. Selama jangka waktu yang lama, deposisi ini membangun pola geografis karakteristik delta sungai. Sebuah Delta biasanya berbentuk segitiga yang terdapat di muara sungai. Delta sungai disebut juga Kuala. Berikut ini beberapa nama delta di Indonesia. 
*      Delta Sungai Brantas (Jawa Timur)
Delta Brantas adalah sebuah delta akibat pecahan dua Sungai Brantas, yaitu Kali Mas dan Kali Porong. Secara administratif, Delta Brantas merupakan wilayah Kabupaten Sidoarjo dan sebagian Kota Surabaya. Karena seluruh wilayah Kabupaten Sidoarjo berada di kawasan Delta Brantas, Sidoarjo juga dikenal dengan sebutan Kota Delta.

*      Delta Sungai Mahakam(Kalimantan)

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgRPkUb3Xt_aBFrVbsYjeS5bRMchIE9uqowiJ93YVwCfCOOtU_I34Cc9MmGHF8WlzdNELsZd9U94IUbZ7im0t_zfwVXlidc16cSKBj-vUiCzpjqUo_Jz3Qr5nWXYyQlUqE8xXdltoWf1vM/s1600/Delta.jpg
Delta Mahakam merupakan suatu kawasan delta yang terdiri dari beberapa pulau yang terbentuk akibat adanya endapan di muara Sungai Mahakam dengan Selat Makassar, Kalimantan Timur. Jika dilihat dari angkasa, kawasan delta ini berbentuk menyerupai bentuk kipas. Kawasan Delta Mahakam memiliki luas sekitar 150.000 ha (termasuk wilayah perairan). Namun jika dihitung luas wilayah daratan saja, luas kawasan ini mencapkurang lebih 100.000 ha. Secara administratif, kawasan Delta Mahakam berada dalam wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, tepatnya berada di Kecamatan Anggana, Muara Jawa, dan Sanga-Sanga.

*      Delta Memberamo (Papua)
Delta Mamberamo merupakan hasil dari sebuah fenomena alam yang diperkirakan berukuran 950.000 hektar yang menutupi 12% cekungan Mamberamo. Daerah tersebut tidak diragukan lagi sebab daerah tersebut kaya akan sumber daya alam dan lingkungan yang potensial untuk dikembangkan sebagai pusat kegiatan perekonomian khususnya di Provinsi Papua dan Indonesia pada umumnya. Delta Mamberamo merupakan kawasan yang unik di lempeng Mamberamo. Bentang alam di Delta Mamberamo arcuate or Fan-Delta Shape. Karakteristik Fan-Delta cembung ke arah laut, membentuk perisai bundar, mengalir landai dan tidak beraturan. Material terlarut terserap, melintasi sungai lain dan dangkal. Delta Mamberamo terbentuk akibat sebuah fenomena alam dalam hal ini terbentuk karena geomorfologi fluvial dari sedimen teresterial yang terdesposisi dan materi yang mengalir ke Danau Rombebai, lalu danau &ndash danau kecil lainnya di daerah dataran rendah yang dialiri sungai hingga ke estuaria (bibir sungai berhubungan dengan laut). Volume sedimen di Delta Mamberamo yang pasti dan perlu dipelajari lebih lanjut. Meskipun demikian, prosess formasi delta mamberamo sangat dipengaruhi oleh kecepatan aliran sungai, banyaknya sedimen yang dipindahkan, air di dasar estuari itu tenang, dangkal dan tidak terdapat gangguan tektonik.
*      Delta Bengawan Solo
Delta Pangkah merupakan salah satu hasil modifikasi sungai Bengawan Solo di bagian hilir. Salah satu tujuan dimodifikasinya bagian hilir dari Bengawan Solo ini adalah untuk mengindari pendangkalan di selat Madura. Endapan di delta ini dibawa oleh aliran Bengawan Solo dari ujung hingga hilir. Delta buatan yang merupakan hasil rekayasa yang berada di sebelah utara kota Gresik. Tidak hanya bagian tengah saja Bengawan Solo ini dimodifikasi, bahkan bagian hilir sungai inipun sudah direkayasa. Delta Pangkah merupakan salah satu hasil modifikasi sungai Bengawan Solo di bagian hilir. Salah satu tujuan dimodifikasinya bagian hilir dari Bengawan Solo ini adalah untuk mengindari pendangkalan di selat Madura.Aliran Air Bengawan Solo membawa endapan dari hulu ke hilir. Delta buatan yang merupakan hasil rekayasa ini berada di sebelah utara kota Gresik (di Ujung Pangkah). Warna biru muda (turquoise) menunjukkan pola penyebaran sedimen yg diangkut oleh aliran air laut yg melalui Selat Madura. Sedimen yg keluar dari lubang semburan di Porong ini juga sama secara genetika (pembentukannya). Jadi warna biru muda (turquoise) itu adalah endapan-endapan halus berukuran lempung yg menyebar dan terendapkan didasar-dasar laut.
 Kalau saja endapan ini selain dari anak-anak sungai dan merupakan sebagian besar berasal dari ujung sungai Bengawan Solo, dimana merupakan daerah erosi sungai, maka tentu saja jumlah endapan yang tertahan oleh Bendungan Gajamungkur bukanlah sedikit. Apalagi ditambah penggundulan hutan yang merusak dan mempercepat erosi, itulah sebabnya usia bendungan Bengawan Solo sangat pendek dari yang diduga sebelumnya. Perhatikan skala pembanding yang ada.

Dimensi dari kanal buatan yg konon dibuat sekitar 100 tahun yang lalu ini memiliki panjang 15 Km. Sungai Bengawan Solo ini sudah tidak seperti yang dulu. Sungai ini sudah dan akan selalu mengalami perubahan bentuk fungsi serta perilakunya sepanjang jaman. Sehingga perlu dilakukan penelitian khusus mengenai Bengawan Solo Moderen.


*      Delta Sungai Musi
Delta sungai musi membentuk sebuah segitiga ketika dilihat dari atas. Bagian tepi luar delta ini tererosi, dan salinitas beberapa laguna telah meningkat karena bertambahnya saluran sungai di selat Bangka. Material-material sedimen yang di bawah oleh sungai musi akan diendapkan di muara sungai.


















Nama – nama kelompok 1

Nama                                                              Nim
1.      Rapik. Kasan                                           110513002
2.      Juminda. Sasauw                                   110513008
3.      Wiwin B. Boloha                                      110515023
4.      Adelia. Bawinto                                        110514004
5.      Arni. Caroles                                            110513036
6.      Reinol. Jacob                                          110513017
7.      Fransiskus ik Fembri                              110513031
8.      Tri sutrisno. Paputungan                                   1105140009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar